Digital Library Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  

Berita

4 Perpustakaan "Tersembunyi" di Jakarta, Cocok untuk Liburan...

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sulit menemukan perpustakaan yang dikelola pemerintah ataupun swasta di wilayah DKI Jakarta. Ruang baca ini kerap disambangi para pecinta buku untuk sekadar membaca atau mencari bahan untuk membuat karya ilmiah. Perpustakaan tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Ibu Kota. Beberapa di antara bahkan jarang diketahui masyarakat Jakarta maupun wisatawan dari luar kota. Berikut beberapa perpustakaan di Jakarta yang bisa dibilang " tersembunyi" sehingga masyarakat jarang mengerahui keberadaannya. Berikut di antaranya:

1. Daniel S Lev Law Library Jika Anda merupakan mahasiswa hukum ataupun seseorang yang sedang mendalami ilmu regulasi tersebut, perpustakaan ini perlu Anda kunjungi. Pasalnya, di sini terdapat beragam buku dan referensi tentang hukum. Baca juga: Disparekraf NTT Luncurkan Perpustakaan Digital Pariwisata Di sini terdapat lebih dari 12.000 judul buku yang bisa diakses. Keanggotaannya berlaku untuk sivitas akademika STH Indonesia Jentera, Hukumonline.com, PSHK, dan LeIP. Namun masyarakat umum tetap bisa membaca buku di tempat. Letaknya berada di Imperium Office Plaza Lantai UG-16, Jalan Kuningan Madya, Guntur, Jakarta Selatan. Buka dari pukul 09.00 WIB hingga malam hari pukul 18.00 WIB.

2. Perpustakaan Rabbit Hole Perpustakaan ini berawal dari hobi salah seorang kolektor buku anak, Devi Raissa yang kemudian mendirikan Perpustakaan Rabbit Hole. Semua buku di sini merupakan koleksi pribadinya. Anda akan disuguhkan dengan tembok bergambar kelinci yang sedang membaca buku. Sangat cocok untuk anak-anak berlibur sekaligus menambah wawasan dengan membaca literasi.

Pengunjung hanya diperkenankan membaca buku di tempat. Selain itu, perpustakaan ini menjadi satu bagian dengan klinik psikologi dan kerap mengadakan kegiatan. Letaknya di Jalan Bangka IIID Nomor 5, Jakarta Selatan. Beroperasi Senin - Jumat pada pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Di sarankan menggunakan google maps untuk menemui titik perpustakaan.

3. Rimba Baca Selain Rabbit Hole, perpustakaan yang ramah dan cocok untuk anak adalah Rimba Baca di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Tepatnya di Jalan RSPP Nomor 21B, Cilandak. Perpustakaan anak ini memiliki koleksi buku lokal dan internasional berdasarkan kategori usia anak, yakni umur 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Baca juga: Belanda Buka Perpustakaan dengan Koleksi Buku Indonesia Terbanyak di Dunia Pengunjung bisa mendaftar sebagai keanggotaan sebesar Rp 375.000 untuk satu keluarga. Jika sudah mendaftar, bisa meminjam 5 buku per minggu selama satu tahun. Perpustakaan Rimba Baca tersedia pada Senin-Jumat dari pukul 10.00 WIB hingga 18.30 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan, beroperasi 10.00 WIB sampai 19.00 WIB.

4. The Reading Room Perpustakaan ini merupakan ruang baca sekaligus kafe yang terletak di Jalan Kemang Timur Nomor 57, Jakarta Selatan. Di sini juga disediakan tempat untuk menulis. Di sini terdapat beberapa buku menarik yang bisa di beli. The Reading Room juga kerap mengadakan berbagai kegiatan terkait sastra, misalnya peluncuran buku atau gelaran pembacaan puisi. The Reading Room beroperasi Kamis-Sabtu dari pukul 10.00 WIB sampai 02.00 WIB. Sementara hari Minggu-Rabu, perpustakaan ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga tengah malam.

©2013 gtPustaka, powered by Gamatechno